Infra-Merah.com

Jembatan Informasi Masyarakat

Relawan PMI Lakukan Psikososial kepada Pelajar Terdampak Tsunami


Lampung Selatan (Inframerah) : Memasuki masa tanggap darurat bencana ke 17 hari, relawan Palang Merah Indonesia (PMI) bergerak melakukan Psikososial Support Program (PSP) kepada para pelajar yang terdampak dan korban tsunami.
PMI yang mendirikan Posko bencana di kantor PMI Kabupaten Lampung Selatan ini mengunjungi para pengungsi, kali ini khususnya kepada peserta didik di SMP 1 Rajabasa pasca libur panjang.
Layanan PSP dipandang perlu untuk memulihkan kondisi trauma psikologis para pelajar khususnya yang terdampak bencana tsumami yang melanda pada 22 Desember 2018 lalu.
Kordinator PSP PMI Kris Saptana melalui Pendamping Anggoro Sukonugroho mengatakan, relawan PMI telah mengunjungi empat titik, tiga titik di Sekolahan dan satu titik di Posko Pengungsian yang ada di Desa Kunjir.
“Hari ini kita tim PSP PMI telah melaksanan kegiatan di SDN 1 dan 2 Kunjir satu tempat, SMPN 1 Rajabasa, SMAN 1 Rajabasa, POS pengungsian dengan jumlah peserta Laki – Laki sebanyak 58 dan Perempuan sebanyak 40 orang dengan total 98 orang,” ujarnya kepada media. Rabu (9/1/2019).
Menurut Kris, kegiatan PSP PMI ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan psikososial individu masyarakat dan khususnya anak-anak dengan harapannnya agar tetap berfungsi optimal pada saat mengalami krisis dalam situasi bencana.
“Kegiatan PSP ini untuk memberikan motivasi sekaligus menghilangkan trauma, karena mereka adalah penerus bangsa yang harus bangkit dan tidak perlu melihat apa yang telah melanda desanya akibat amukan air laut,” jelasnya.
Selanjutnya kata dia, dalam kegiatan PSP sendiri relawan PMI melaksanakan, Perkenalan aktraktif, Bernyanyi, Permainan seperti psiedukasi, outbond, game atraktif lainya serta mengaji,” imbuhnya.

Untuk diketahui tim relawan layanan PSP PMI yang bertugas di PMI Lampung Selatan diantaranya sebagai kordinator Kris Saptana, Pendamping Anggoro Sukonugroho, Ketua Tim Pelaksana Okke Kriswidianto dan relawan lain nya. (*/Awal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *