Infra-Merah.com

Jembatan Informasi Masyarakat

Dibawah Kepemimpinan Risa Umami, SDN 03 Gedong Air Sarat Prestasi

Bandar Lampung (inframerah) : Karakter seseorang sedikit banyak terbentuk dari dunia pendidikan, utamanya tingkat sekolah dasar. Pembentukan karakter ini diawali oleh seorang guru yang dikenal sosok pahlawan tanpa tanda jasa.

Mungkin karena terinspirasi dengan sosok guru, inilah yang membuat Risa Umami (58) membulatkan tekad dan bercita-cita menjadi pendidik anak bangsa. Alhasil, wanita kelahiran 1961 di Gisting Tanggamus itu berhasil mewujudkan impiannya.

“Saat saya masih di sekolah dasar dulu saya pernah ditanya guru apa cita-cita saya. “Guru” jawab saya, sampai akhirnya impian itu berhasil saya raih,” tutur Risa Umami yang menjabat Kepala SDN 03 Gedong Air, Kelurahan Tanjungkarang Barat, Jumat (17/01/2020).

Sejak tahun 1981, istri dari Ahirin S.Pd.,ini sudah mulai mengajar di SDN 50 Gedong Air yang sekarang menjadi SDN 06. Di sekolah inilah karakter Risa sebagai pendidik mulai terasah sehingga menjadikan dirinya seperti sekarang ini.

“Saat itu kepsek nya bapak Muhtar Iskandar. Karena beliaulah yang menanamkan pola pikir kepada saya tentang arti dan peran seorang guru. Pak Muhtar yang mendidik saya agar menjadi guru yg profesional. Kalau ingat beliau rasanya air mata saya mau keluar,” ungkap ibu dari empat anak ini.

Berangkat dari pesan oleh senior itu, Risa bertekad menjadikan para siswa nya yang total mencapai 225 siswa/siswi dibawah pimpinannya menjadi pelajar yang berkualitas, tentunya juga dilandasi dengan dasar agama yang kuat.

Kerja keras dan upaya Risa untuk menjadikan anak didik nya bisa sejajar dengan sekolah lain berbuah manis. Sederet prestasi berupa piala dan penghargaan memadati sudut-sudut di dalam ruangan sekolah.

“Nawaitu saya agar sekolah ini jadi bertambah secara kualitas, beriman serta bertaqwa. Mereka keluar sd ini haris benar benar berilmu,” harap warga Jalan haji ayati no 44 Kelurahan Sukarame Bandarlampung ini.

Pertama jadi kepsek bulan Maret tahun 2015 dan langsung ditempat di SD 03 Gedung air, Risa berhasil membuat sekolah yang dipimpinnya menjadi sekolah yang layak didambakan.

Beberapa prestasi pasca dirinya memimpin di SDn 03Gedong Air diantaranya; prestasi juara 11 Lomba barung favorit dalam Hut Pramuka tahun 2017, Bazar Siaga ke -56 tahun 2017, Juara 11 Senam Lantai Putra 2018 di lomba O2SN, Juara 1 Taekwondo, juara 111 olimpiade matematika dalam akademik , juara 11 olimpiade sains tahun 2019.

Ada secercah harapan pada diri Risa, dirinya ingin agar wali murid bisa bekerjsama dengan guru dengan tujuan meningkatkan prestasi anak didik. Dan kepada pemerintah agar lebih meningkatkan lagi perhatian kepada sekolah. (***)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *