Infra-Merah.com

Jembatan Informasi Masyarakat

Masyarakat Lampung Utara Kurang Sadar Lapor Kematian di Disdukcapil

Lampung Utara (Inframerah):Masyarakat Lampung Utara dinilai kurang menyadari pentingnya melaporkan kematian keluarganya oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab setempat. Padahal Pemerintah diminta secara apdate untuk melaporkan Jumlah penduduk ke pusat, secara Nasional.

Sekertaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab Lampung Utara, Tien Rostina, rabu 29 Januari 2020, mengatakan secara Nasional pelaporan kematian belum memenui target, hal tersebut menurutnya, disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat untuk melaporkan dan membuat akte kematian untuk diterbitkan.

“jika belum terbentur persoalan yang harus adanya akte kematian, biasanya masyarakat tidak mengurusnya.” Ujarnya.

Padahal, menurut Tien, adanya pelaporan pihak keluarga ke Disdukcapil, dapat bermanfaat ke pemerintah dan masyarakat alih waris untuk mengurus berbagai keperluan administrasi jika diminta akte kematian.

Ditahun 2018 Disdukcapil menerbitkan akte kematian sebanyak 1311, mengalamin peningkatan 2019 menjadi 1872, meningkat sebanyak 561 jumlah akte kematian, demikian dikatakan Sekertaris Disdukcapil. Menurutnya kesadaran mulai meningkat, jika diliat dari peningkatan. Berbagai upaya sosialisasi dari tingkat Kecamatan hingga Kelurahan dan Desa, untuk secara Update melaporkan warganya ketika mendapati musibah kematian.

Tri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *