Infra-Merah.com

Jembatan Informasi Masyarakat

Winarti Komitmen Bangun Destinasi Wisata dengan Pendekatan Budaya Lokal

Tulang Bawang (IF) : Bupati Tulang Bawang Winarti berkomitmen membangun destinasi wisata dengan pendekatan budaya lokal. Hal itu untuk melestarikan budaya kerajaan Tuba.

“Destinasi wisata ini membuat bahagia masyarakat Tulangbawang. Ini akan berdampak positif untuk masyarakat sehingga lebih mengenal sejarah Tulangbawang,” kata Winarti, Senin, 15 Februari 2021.

Ia menilai pembangunan lokasi wisata selain menjadi tempat hiburan masyarakat, juga memiliki dampak multiefek di bidang perekonomian. Selain itu, juga dapat menarik investor untuk berinvestasi. “Pelaku usaha mendapatkan penghasilan tambahan sejak ada lokasi wisata baru,” katanya.

Winarti menceritakan peninggalan sejarah Tuba baik destinasi dan wisatanya. Pada abad ke-4, daerah tersebut bernama Tulang Pohang yang diartikan sebagai Tuba terletak di pedalaman atau di pulau emas Sumatera yang sekarang posisinya di kota Menggala.

Selain menjadi tempat pendidikan, Kabupaten Sai Bumi Nengah Nyappur juga tempat perdagangan. Salah satu peninggalan sejarah di Tuba yaitu Tanggaraja di Ujunggunung Ilir, Kecamatan Menggala. Daerah itu menjadi tempat transit atau dermaga para tamu raja dan lintas perdagangan. Tanggaraja juga tempat perlintasan para raja turun untuk mandi di sungai Way Tulangbawang dahulunya.

Sebelum memulai pembangunan, ia terlebih dulu berkoordinasi dengan tokoh masyarakat dan tokoh adat Tulangbawang. Sementara Tugu Ikan Jelabat, memiliki sejarah sebagai tempat makanan favorit dari raja-raja di kabupaten setempat.

Sedangkan Tugu Garuda salah satu warisan dari pemimpin-pemimpin dan tokoh terdahulu. Selain itu, ada 4 marga yang ditulis di bagian sayapnya yakni, Marga Puyang Umpu, Puyang Bulan, Puyang Aji dan Puyang Tegamoan.

Sedangkan, Tugu BMW di Simpang Penawar dibangun karena sebagai sentra perekonomian dan salah satu pusat UKM masyarakat dan BMW sport dibangun untuk tempat masyarakat Tulangbawang berolahraga serta kreasi untuk seluruh kalangan.

“Promosi cara kami untuk lebih dikenal di Lampung bahkan mancanegara salah satunya denga kekuatan media sosial dengan memperkenalkan budaya Tuba dibantu seluruh OPD Pemkab Tuba,” ujarnya. (Hd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *