Infra-Merah.com

Jembatan Informasi Masyarakat

Tampilkan Kesenian dan Budaya Khas Lampung, Musrenbang RKPD 2022 Lampung Selatan Dapat Apresiasi Sekdaprov Lampung

KALIANDA, infra-merah.com – Kesenian Gitar Klasik Lampung yang disuguhkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan pada acara Musrenbang RKPD tahun 2022 memukau Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung, Ir. Farizal Darminto, MA.

Bahkan, tidak hanya penampilan gitar klasik khas Lampung, pejabat karir tertingi di Provinsi Lampung ini juga sangat terpukau dengan penampilan kesenian Gamolan khas Lampung yang mengiringi langsung tari Sigekh Penguten (Tari Sembah) diawal acara.

“Tadi kita sama-sama menyaksikan penampilan gitar klasik dan lagu-lagu khas Lampung Selatan. Ada juga tarian yang diiringi langsung dengan Gamolan, tidak pakai kaset. Ini berati Lampung Selatan sangat serius dalam memelihara dan melestarikan seni dan budaya,” tutur Farizal Darminto dihadapan peserta Musrenbang.

Dalam acara yang digelar di Aula Rimau, Kantor Bappeda Kabupaten Lampung Selatan, pada Selasa (30/3/2021) itu, Farizal Darminto juga sangat mengapresiasi budaya sekapur sirih yang terus dilestarikan oleh Pemkab Lampung Selatan.

“Biasanya kalau acara ada Tari Sigeh Penguten saya kadang dibohongi, judulnya kapur sirih, tapi dikasih permen. Tapi Lampung Selatan konsisten mempertahankan budaya itu. Tadi saya betul-betul dikasih sirih dan langsung saya telan,” ungkap Farizal Darminto.

Penampilan Gitar Klasik Lampung memukau Sekdaprov Lampung, Farizal Darminto.
Untuk itu, dalam kesempatan itu, Farizal Darminto pun berharap, Pemkab lampung Selatan untuk dapat terus menanamkan serta mempertahankan seni dan budaya daerah Lampung yang sudah diwariskan oleh para leluhur dan pendahulu.

“Mari kita pertahankan seni dan budaya Lampung. Dan saya sampaikan terima kasih kepada pak bupati dan jajaran yang telah melestarikan dan mempertahankan seni dan budaya kita,” kata Farizal Darminto.

Diketahui, Pemkab Lampung Selatan kembali melaksanakan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lampung Selatan tahun anggaran 2022.

Diawal acara Musrenbang, Pemkab Lampung Selatan menampilkan kesenian Gitar Klasik Lampung dan tarian Sigeh Penguten dari Sanggar Beringin Jaya pimpinan Hj. Winarni Nanang Ermanto binaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat.

Kegiatan itu dihadiri Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto bersama Wakil Bupati Pandu Kesuma Dewangsa, S.IIP dan jajaran Forkopimda Kabupaten Lampung Selatan.

Turut hadir juga Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos, MM beserta para pejabat utama dan Kepala OPD diingkup Pemkab setempat, Ketua TP PKK Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto dan Ketua DWP Yani Tahmrin. (Az/Awal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *