Infra-Merah.com

Jembatan Informasi Masyarakat

Bupati Lampung Selatan Lantik 83 Kepala Desa Terpilih Hasil Pilkades Serentak 2021

KALIANDA, infra-merah.com
– Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto melantik dan mengambil sumpah janji 83 Kepala Desa hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang I yang telah berlangsung pada 28 Oktober 2021 lalu.

Pelantikan yang terbagi dalam dua sesi dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat berlangsung di Aula Sebuku, rumah dinas bupati Lampung Selatan, Selasa (9/11/2021).

Sebanyak 41 Kepala Desa terpilih yang berasal dari Kecamatan Bakauheni, Penengahan, Kalianda, Katibung, Ketapang, Palas, Sragi, Way Panji dan Rajabasa dilantik lebih dulu pada sesi pertama yang dimulai sekitar pukul 09.10 WIB.

Kemudian, pada siangnya prosesi pelantikan dilanjutkan dengan sesi kedua yang akan diikuti oleh 42 Kepala Desa terpilih yang berasal dari Kecamatan Way Sulan, Sidomulyo, Merbau Mataram, Tanjung Bintang, Tanjung Sari, Jati Agung, Candipuro dan Kecamatan Natar.

Pelantikan Kepala Desa itu turut disaksikan juga oleh anggota Forkopimda Kabupaten Lampung Selatan, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin beserta para pejabat utama dan Kepala OPD.

Hadir juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto beserta Wakil Ketua TP PKK Nuri Maulida Pandu, serta Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Lampung Selatan Yani Thamrin.

Adapun, prosesi pelantikan itu juga dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting dan channel Youtube SPBE Lamsel yang dapat disaksikan masyarakat dari kantor kecamatan dan kantor kepala desa masing-masing.

Dalam pidato pelantikannya, Bupati Nanang Ermanto berharap, agar Kepala Desa terpilih dapat merangkul segenap komponen masyarakat untuk dapat bersatu kembali dan melupakan segala perbedaan ketika Pilkades yang lalu dan bersama-sama membangun desa.

“Saya ucapkan selamat kepada Kepala Desa terpilih. Hilangkan rasa dendam kalian, tidak ada lagi (pendukung) A, B, C. Rangkul semua komponen masyarakat, jangan ada lagi kubu-kubuan demi suksesnya pembangunan yang ada di desa,” ujar Nanang.

Nanang juga mengatakan, pesta demokrasi Pilkades serentak gelombang I tahun 2021 telah berakhir dan menghasilkan 83 Kepala Desa terpilih secara demokrasi dari 17 Kecamatan.

Menurut Nanang, selama proses pemilihan Pilkades serentak di Kabupaten Lampung Selatan yang diselenggarakan pada 28 Oktober 2021 yang lalu telah berjalan sukses dan lancar.

“Pesta demokrasi telah selesai. Sekarang bagaimana kita melaksanakan tanggungjawab dan tuntutan masyarakat yang menginginkan suatu perubahan disegala bidang. Jika kita masih menanamkan permusuhan, itu akan menimbulkan dampak yang negatif untuk desa kita. Dibutuhkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan dalam membangun desa,” tandasnya.

Adapun, pelantikan 83 Kepala Desa tersebut berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lampung Selatan Nomor : B/531, 532 dst s.d 612/IV.13/HK/2021 tanggal 9 November 2021.

Sementara itu, dari 84 desa yang menggelar Pilkades Serentak Gelombang I di Kabupaten Lampung Selatan, terdapat satu kursi Kepala Desa yang masih terjadi kekosongan. Sehingga, Bupati Lampung Selatan hanya melantik sebanyak 83 Kepala Desa terpilih.

Adalah Desa Babulang, Kecamatan Kalianda. Dimana dalam pemilihan Kepala Desa Babulang, hasilnya suara kotak kosong menekuk suara petahana. Sebagai calon tunggal Kepala Desa Babulang, sang petahana harus tumbang melawan kotak kosong.
(Az/wal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *