Infra-Merah.com

Jembatan Informasi Masyarakat

Bupati dan Aleg Lamsel Dampingi Komisi IV DPR-RI Tanam Mangrove Di Pesisir Ketapang

Lampung Selatan, infra-merah.com
–Dalam rangka melestarikan hutan mangrove di Kawasan Pesisir pantai Timur Lampung Selatan.Komisi IV DPR-RI Sudin melakukan serangkaian kegiatan Penanaman Bibit Pohon mangrove di pantai muara balak dusun 8 desa Ketapang Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan.Pada Sabtu (26/2/2022).

Kehadiran anggota DPR RI dari Fraksi PDIP di Bumi Ragom Mufakat untuk melaksanakan tiga agenda, antara lain:
1.Penanaman bibit pohon mangrove
2.Penyuluhan pertanian se Kabupaten Lampung Selatan
3.Jumpa petambak udang se Lampung Selatan

Dalam penyampaian nya Sudin mengatakan, bahwa penanaman mangrove itu berdasarkan perintah dari Ketua Umum PDIP Pusat Megawati Sukarno Putri yang memberikan amanat kepada semua kader untuk menjaga bumi, rawatlah bumi dengan baik.kalau bukan kita siapalagi.
Kita sudah dapat penghargaan dari beberapa pihak dalam hal menjaga bumi.ucap Ketua DPP PDIP itu

Di pesisir desa Ketapang, penanaman pohon mangrove tersebut di lakukan secara simbolis dengan di Dampingi Bupati Lampung Selatan H.Nanang Ermanto.BPDAS Provinsi Lampung, Beberapa Anggota DPRD Fraksi PDIP Provinsi Lampung, Anggota DPRD-Fraksi PDIP Kabupaten Lamsel, serta Kader PDIP Lampung Selatan,dan Para tamu Undangan terkait.

Usai Menyampaikan sambutannya,Sudin memberikan piagam secara simbolis Kepada KTH Setiadarma III Desa Sumbernadi Kecamatan Ketapang,KTH Lestari Jaya Register Way Pisang desa Bandar Agung Kecamatan Saragi Lampung Selatan.

Selanjutnya Sudin bersama Nanang Ermanto dan Bersama Beberapa Anggota DPRD PDIP Provinsi dan BPDAS Provinsi Lampung melakukan Penanaman Mangrove secara simbolis dengan di saksikan Para kader PDIP dan Tamu Undangan yang turut menyaksikan acara tersebut.

“Kami DPC bersama Pengurus PDI-P Lampung Selatan, Anggota Fraksi,sayap Fraksi DPD PDIP Dalam rangka Hari Ulang Tahun Partai PDIP ke-49.
Menyambut DPD PDIP melakukan Penanaman Mangrove Program dari DPD PDIP di Kabupaten Lampung Selatan.Ini adalah Suatu bentuk Pelestarian Lingkungan,yang mana ini merupakan kepedulian Partai terhadap lingkungan,mudah mudahan dengan Program Penanaman Mangrove dari DPD PDIP ini ,bisa menjaga Alam,kususnya alam di Lampung Selatan ini”.Pungkas Nanang Ermanto

Masih di Lokasi yang sama, Sudin mengungkapkan,bahwa selain Program Penanaman Mangrove ia juga akan menyiapkan Bibit Mangrove secara Gratis dalam wadah KBR (Kebun Bibit Rakyat) Bibit Dari Pemerintah, yang Pengelolaannya dari Rakyat dan yang menanam Rakyat.

“Hari ini kita Tanam Mangrove 1000 batang Dalam rangkaian HUT PDI-P yang ke -49.Karna hampir semua Pesisir di Indonesia ini rusak.Maka kita juga minta kepada BPDAS yang mana pelestarian lingkungan tanggung jawab kita bersama.
Kami juga ada program Kebun Bibit Rakyat (KBR).Yang membuat bibit Rakyat,Yang Menanam Rakyat,Yang mendapat kan hasil Rakyat.Tapi ada dananya dari Pusat,tidak masuk ke Kabupaten,atau Provinsi maupun BPDAS,melainkan langsung ke Rekening Kelompok.Jadi itu untuk memotong mata rantai hambatan hambatan Program dari Pemerintah.Jadi dalam hal ini, BPDAS hanya mengawasi saja.”.Ujar Sudin.

Sudin menerangkan,Nantinya wadah KBR itu akan di Bantu anggaran dana sebesar 100 juta dalam Pengelolaan Mangrove sampai Penanaman.Untuk di Lampung sendiri, ada sekitar 300 an kelompok KBR yang sudah Mendapatkan Bantuan dan Menjalankan Penanaman Mangrove. Program tersebut hampir setiap tahun ada dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang mengeluarkannya.Terangnya

“Sepaling tidak rakyat diberikan tanggung jawab,menjaga Bumi,tapi Rakyat juga tidak boleh dirugikan.Rakyat menyemai, membudidayakan,menanam dan melestarikan.Bahwa ini Dana Pemerintah berarti Dana Rakyat.Itulah tanggung Jawabnya”.Pungkas Sudin.
(*/wal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *